top of page
  • Writer's pictureToko Vicenza

3 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Jakarta, Vicenza.id- Dalam ilmu kedokteran, gula darah merupakan acuan untuk melihat tingkat glukosa di dalam tubuh. Untuk konsentrasi gula darah menjadi hal utama yang harus dijaga dengan ketat, karena ia menjadi sumber utama untuk energi yang ada di dalam sel-sel tubuh. Untuk itu, gula darah harus dijaga supaya tetap normal.

Tapi, jika kamu sudah terlanjur mempunyai gula darah yang tinggi, tidak perlu khawatir, ya! Ada cara alami untuk mengatasi hal tersebut. Berikut 5 cara alami untuk menurunkan gula darah.


Terapkan kontrol porsi


Kontrol porsi membantu mengatur asupan kalori dan dapat membantu menjaga berat badan sedang. Akibatnya, manajemen berat badan meningkatkan kadar gula darah yang sehat dan telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2. Memantau ukuran porsi, kamu juga membantu mengurangi asupan kalori dan lonjakan gula darah berikutnya.

Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk mengelola ukuran porsi;

  1. Ukur dan timbang porsinya

  2. Gunakan piring yang lebih kecil

  3. Hindari restoran makan sepuasnya

  4. Baca label makanan dan periksa ukuran porsi

  5. Buat jurnal makanan

  6. Makan perlahan

Minum air dan tetap terhidrasi


Minum cukup air bisa membantu kamu menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, ini membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin. Satu studi observasional menunjukkan, mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan kadar gula darah tinggi. Minum air secara teratur membantu rehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan bisa mengurangi risiko diabetes. Ingatlah, air dan minuman non-kalori lainnya adalah yang terbaik. Minuman yang dimaniskan dengan gula meningkatkan glukosa darah, mendorong penambahan berat badan, dan meningkatkan risiko diabetes.

Kelola asupan karbohidrat kamu



Tubuh kamu memecah karbohidrat menjadi gula (kebanyakan glukosa), dan kemudian insulin membantu tubuh kamu menggunakan dan menyimpan gula untuk energi. Ketika kamu makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah fungsi insulin, proses ini gagal, dan kadar glukosa darah bisa meningkat. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan tentang ini. American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan untuk mengelola asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat dan menyadari berapa banyak yang kamu butuhkan. Beberapa penelitian menemukan, metode ini juga dapat membantu kamu merencanakan makanan dengan tepat, yang selanjutnya meningkatkan pengelolaan gula darah. Banyak penelitian juga menunjukkan, diet rendah karbohidrat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah. Terlebih lagi, diet rendah karbohidrat dapat membantu mengelola kadar gula darah dalam jangka panjang.


Nah, itulah 3 cara yang dapat membantu kamu dalam menurunkan gula darah. Semoga kamu bisa menerapkannya setiap hari, ya! Dan jangan lupa gunakan Vicenza sebagai piranti saji dari menu-menu sehat yang kamu hidangkan. (CI/VICENZA)

9 views0 comments

Comments


bottom of page