top of page
  • Writer's pictureToko Vicenza

3 Menu Wajib Khas Sumatera Utara yang Wajib di Coba!


Jakarta, Vicenza.id- Halo Vilovers, Indonesia memang mempunyai kuliner yang cukup banyak jenisnya. Setiap provinsi pasti mempunyai kuliner yang berbeda-beda. Nah, kalau kemarin kita sudah membahas kuliner khas Aceh, sekarang kita membahas mengenai menu khas Sumatera Utara, yuk! Sumatera Utara mempunyai beragam menu yang pastinya enak dan super lezat, lho! Dari pada penasaran, langsung saja kita bahas, yuk!


Naniura

Pertama ada Naniura, ini merupakan makanan khas Batak yang berasal dari Tapanuli yang dibuat dengan Dengke Mas atau Ikan Mas yang diberi asam. Naniura merupakan sebuah penyajian lauk pauk yang cara membuatnya tidak dimasak, direbus, digoreng atau semacamnya, karena naniura dalam bahasa Batak artinya ikan yang tidak dimasak.


Ikan mentah tersebut disajikan dengan bumbu yang lengkap sehingga yang akan membuat ikan tersebut lebih enak dirasa tanpa dimasak, yang artinya bahwa bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan mas tersebut. Mirip seperti sashimi di Jepang. Dahulu, makanan khas Sumatera Utara ini hanya dapat dikonsumsi oleh raja dan hanya boleh dimasak oleh koki kerajaan. Namun, saat ini seluruh masyarakat dapat merasakan kelezatan Naniura ini.


Pohul-Pohul

Kue pohul-pohul atau yang sering disebut oleh masyarakat Batak adalah itak pohul-pohul. Kue ini adalah makanan ringan khas tradisional Sumatera Utara. Selain rasanya yang enak, ternyata pembuatan kue pohul-pohul ini memiliki tujuan yang baik.


Pohul-pohul dibuat dari tiga bahan utama, yaitu tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Ketiga bahan tersebut dicampur dan ditambahkan dengan sedikit air masak yang sudah didinginkan.


Setelah semua bahan tercampur dengan baik, ambil sedikit adonan dan dikepal-kepal kuat dengan jari. Sehingga adonan tersebut berbentuk bulat memanjang dengan bentuk jari-jari bekas kepalan tangan tadi. Inilah kenapa nama kue ini disebut pohul-pohul, diambil dari bahasa batak yang artinya adalah kepalan tangan.


Sayur Tauco

Makanan khas Sumatera Utara lainnya adalah sayur gurih tauco, yang berasal dari kota Medan. Sayur gurih tauco merupakan menu yang wajib ada pada Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.Sayur ini biasanya disajikan sebagai sayur pelengkap ketupat. Cita rasa sayur gurih tauco sangatlah unik, yaitu gurih dari santan dan sedikit cita rasa asam pedas dari tauco.


Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sayur gurih tauco selain santan dan tauco antara lain adalah daging sapi atau udang, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan aneka rempah-rempah khas Indonesia lainnya.


Itulah dia makanan khas Sumatera Utara yang wajib banget kamu coba! Pasti sekalinya mencoba, langsung ketagihan. Tapi jangan lupa juga ya untuk menggunakan peralatan masak dari Vicenza agar masakan semakin lezat dan juga nikmat. Dapatkan perlengkapan memasaknya hanya di www.tokovicenza.com , kualitas terjamin, motifnya bikin kamu jatuh hati.



1 view0 comments
bottom of page