top of page
  • Writer's pictureToko Vicenza

Intip Manfaat Minyak Aromaterapi Bagi Kesehatan Tubuh!

Updated: Jan 16, 2023

Jakarta, Vicenza.id- Aromaterapi merupakan salah satu cara pemakaian minyak alami yang didapat dari ekstrak tanaman tertentu. Tujuannya adalah membantu meningkatkan kesehatan baik fisik atau psikis. Minyak yang dipakai berupa minyak esensial yang dibuat dari bermacam tanaman obat, akar, herbal, bunga, buah, sampai pohon yang dijumpai di seluruh penjuru dunia.


Sejumlah studi menyebutkan, beberapa jenis minyak esensial telah terbukti memberikan efek positif untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Manfaat Minyak Aromaterapi untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini manfaat minyak aromaterapi untuk menunjang kesehatan tubuh:


1. Relaksasi

Manfaat aromaterapi paling utama yaitu membantu relaksasi. Beberapa jenisnya, termasuk chamomile dan lavender membantu memberikan efek menenangkan ketika kamu sedang merasa stres atau cemas berlebihan. Aroma yang dikeluarkan diyakini tak hanya memberikan efek relaksasi, tetapi juga dapat mengontrol sistem saraf simpatis.

Sistem saraf ini memiliki tanggung jawab untuk merespons perlawanan terhadap stres dan semua gejala fisik yang muncul. Misalnya; jantung berdegup kencang dan tangan berkeringat berlebihan.


2. Membuat tidur lebih berkualitas

Oleh karena manfaatnya sebagai relaksasi dan mengurangi stres serta kecemasan, minyak aromaterapi juga diyakini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Seseorang yang memiliki kondisi seperti cemas, sindrom kaki gelisah, dan insomnia serta gatal pada malam hari, dapat memanfaatkan minyak aromaterapi untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Salah satu varian aromaterapi yang bisa dipakai adalah lavender. Gunakan bantuan diffuser setidaknya satu jam sebelum tidur sehingga uapnya terasa memenuhi kamar. Ini akan membuat kamu lebih cepat tidur dan lebih nyenyak.


3. Obat gangguan pernapasan

Beberapa jenis minyak aromaterapi juga memiliki efek antiseptik yang bisa membantu membersihkan udara dari paparan jamur, kuman, dan bakteri. Mikroorganisme ini dipercaya berperan dalam masalah pernapasan, termasuk bersin, batuk, dan hidung tersumbat.

Manfaatkan minyak pohon teh atau tea tree oil yang diyakini mempunyai manfaat dan sifat antimikroba dan antiseptik. Atau minyak eukaliptus yang dapat membantu melegakan saluran napas ketika kamu sedang terserang flu.



4. Meredakan peradangan dan nyeri

Sementara itu, guna membantu meringankan rasa nyeri pada sendi, jaringan yang meradang, atau otot tegang, kamu bisa menggunakan minyak aromaterapi dari gabungan kunyit, jahe dan jeruk. Sementara itu, keluhan sakit kepala bisa dikurangi dengan menggunakan minyak aromaterapi yang mengandung aroma rosemary, spearmint, dan daun mint.


5. Mengurangi mual

Selain itu, minyak aromaterapi yang memiliki kandungan daun mint, chamomile, jahe, lemon, eukaliptus, dan anggur bisa membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan gangguan saluran pencernaan. Misalnya mual, kram perut karena PMS, asam lambung, dan mual saat kehamilan.

Minyak aromaterapi dari jahe dan kunyit memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi erosi, nekrosis, dan perdarahan yang terjadi pada dinding lambung. Selanjutnya, hal ini akan secara drastis mengurangi rasa nyeri pada perut.

3 views0 comments
bottom of page