top of page
  • Writer's pictureToko Vicenza

HOBI KULINERAN? COBAIN JADI FOOD STYLIST! PROFESI YANG MENGGIURKAN SELAIN KOKI


Jakarta, Vicenza.id – Pada era serba digital ini, visual menjadi hal penting yang ditawarkan oleh pelaku bisnis pada konsumennya di sosial media. Bagi industri F&B – atau food and beverage, visual menjadi hal utama yang menjadi daya tarik.

Betapa sering kita ngiler melihat sajian sepiring masakan yang tayang di iklan atau tersaji di lembar majalah. Di balik sajian yang menggugah selera itulah, ada peran penting dari profesi kekinian yaitu food stylist. Mereka memiliki trik dan segudang ilmu untuk membuat semuanya menjadi nyata dan eye catching.

Tapi jangan salah paham ya, food stylist dan chef itu berbeda, lho! Nah, sebenarnya, apa sih food stylist itu? Dan apa saja pekerjaannya? Mari simak ulasannya berikut ini!


Apa itu Food Stylist?

Food Stylist ini merupakan profesi yang datang dari bidang kuliner atau makanan. Jika dirinci dari setiap kata, food berarti makanan dan stylist berarti penata atau penghias. Oleh karena itu, profesi ini bertugas untuk membuat sebuah makanan atau minuman terlihat cantik dan menarik. Tidak jauh berbeda dengan perias artis, hanya saja objeknya yang berbeda.


Apa Pekerjaan Food Stylist?

Seperti yang dikatakan di atas, food stylist pastinya berbeda dengan seorang chef. Namun satu hal yang pasti, seorang food stylist harus memiliki passion dan juga menguasai tentang makanan. Cita rasa seni juga menjadi hal yang utama.


Umumnya, seorang food stylist akan mengerti juga mengenai fotografi. Karena bagaimanapun makanan yang telah tertata akan dipotret dan masuk ke dalam sosial media. Food stylist juga harus memahami bisnis secara umum untuk mengerti klien yang akan bekerja dengannya.


Food Stylist Harus Mempunyai Mental Kuat

Kalau harus menjadikan pekerjaan ini sebagai pilihan berkarier, maka kamu harus bermental baja. Pastinya karena kamu harus siap berhadapan dengan client yang mempunyai segudang permintaan atau bekerja bersama dengan fotografer yang mungkin sulit untuk menerima brief yang kamu kasih. Selain itu, kamu juga berkejaran dengan waktu karena situasi cuaca yang berubah-ubah. Untuk itulah mengapa seorang food stylist harus mempunyai mental yang kuat seperti baja, karena walaupun mood kamu sedang tidak baik, tapi pekerjaan ini haruslah berjalan sesuai rencana. Jadi, bagaimana Vilovers? Apakah kamu tertarik menjalankan bidang food stylist ini? Ingat, sebuah pekerjaan tidak ada yang mudah, jadi jangan mudah menyerah, ya! (CI/VICENZA)



0 views0 comments
bottom of page